MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL UPU PEMAKALAH TERBAIK TINTAFOR IV

17991822_217044098781630_2983677060727530196_n

Sebagai satu-satunya prodi Ilmu Hubungan Internasional (HI) di Sumatera Utara, UPU berkomitmen untuk berpartisipasi aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini diwujudkan dengan mengirimkan delegasinya pada acara Tambusai International Affairs Forum (TINTAFOR) IV yang diselenggarakan Universitas Riau pada 10-13 April 2017 yang lalu,” demikian disampaikan oleh Kaprodi HI, Novan Prasetia, M.H.I.

Dia mengatakan, Tintafor merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk mempertemukan mahasiswa/i Program Studi Ilmu Hubungan Internasional se-Sumatera sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan keilmuan HI mereka. Pada kesempatan ini, HI UPU mengirimkan dua mahasiwa, Sahla Rizki Deovanka (semester 4), Yossica Amanda Daniar (semester 2), dan didampingi langsung oleh Kaprodi HI, Novan Prasetia, M.H.I.

Selama empat hari, para delegasi UPU berpartisipasi aktif dalam kegiatan Seminar Internasional yang menghadirkan pembicara dari Polda Riau, Kemenhan, Perwakilan ASEAN, Konsulat Malaysia, dan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Delegasi juga mendapatkan kesempatan beramah tamah dengan Walikota Pekanbaru, mengikuti Short Diplomatic Course, Diskusi Ilmiah dan Table Manner.

Pada forum Diskusi Ilmiah yang bertemakan “Reviewing Transnational Crime in the 21st Century” inilah, Yossica Amanda Daniar memperoleh dua penghargaan pada kategori The Best Paper dan The Best Presentation Paper. Mengangkat judul Perompakan (Sea Piracy) di wilayah Asia Tenggara serta Kedudukannya dalam Hukum Internasional, Amanda berhasil menyisihkan 156 delegasi dari Universitas Riau, Universitas Andalas (Padang) dan perguruan tinggi lainnya.

Amanda yang masih semester II mendapatkan pujian dari para juri di forum tersebut karena tampil dengan sangat baik dibandingkan peserta lain yang lebih berpengalaman. “Prestasi ini merupakan hasil dari latihan, kerja keras dan bimbingan yang diberikan dosen-dosen HI UPU dan juga dukungan dan doa dari keluarga” ujar Amanda saat di wawancarai oleh TVRI Riau di gedung LPPM Universitas Riau.

Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, UPU, Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum. mengapresiasi prestasi yang diperoleh mahasiswa dan prodi HI. “Keikutsertaan dan prestasi perdana kami di acara ini menunjukkan eksistensi HI UPU di jajaran perguruan tinggi lain di Sumatera. “Kami dari Fakultas selalu memberikan dukungan penuh dan memfasilitasi upaya peningkatan kompetensi dan prestasi mahasiswa.” tambahnya.

Leave us a Comment