TOEFL AKBAR UPU – BRITON SUKSES

DSC_4414

TOEFL  atau Test of English as a Foreign Language merupakan salah satu tes Sertifikasi kompetensi bahasa Inggris yang diakui oleh banyak institusi pendidikan dan dunia kerja di seluruh dunia. Sertifikat tes ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk bekerja, studi lanjut, ataupun mendapatkan beasiswa.

Mengingat pentingnya sertifikasi kompetensi TOEFL ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Briton International English School menyelenggarakan acara TOEFL Akbar 2017 bertempat di Royal Ballroom Selecta Convention Hall, pada Sabtu/ 1 April 2017 pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Acara ini mendapatkan animo yang cukup besar tidak hanya dari Internal Universitas Potensi Utama saja, tapi juga dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara. Total keseluruhan peserta mencapai 1700 orang yang datang dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, professional, alumni, dan sekolah menengah.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Ratih Puspasari, M.Kom. menyambut baik dan mendukung penuh acara ini. Kebermanfaatan yang didapat dari acara ini tidak hanya baik bagi institusi tetapi juga bagi karir mahasiswa kedepannya. Sebagai sponsor utama, FTIK UPU mengirimkan 1000 orang mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa diwajibkan mengikuti acara ini sebagai salah satu syarat kelengkapan administrasi penyelesaian studi. Sertifikat TOEFL yang diperoleh juga dapat dipakai sebagai Surat keterangan Pendamping Ijazah atau Diploma Supplement yang berguna bagi mahasiswa dalam memenangkan kompetisi di dunia kerja.

Pada acara ini juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Potensi Utama dan Briton International English School yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum dan Ibu Nadirah Nur, selaku Area Manager.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum. mengajak seluruh peserta tes untuk optimis dan memiliki pola fikir Life Long Learning (Pembelajaran Seumur Hidup) untuk menghadapi acara TOEFL Akbar ini. “Persiapan yang telah dilakukan di kampus, di center Briton dan yang dilakukan peserta secara mandiri harus dapat menghasilkan skor TOEFL yang maksimal sehingga sertifikat yang diperoleh tidak hanya berguna untuk kepentingan internal saja tapi juga untuk kepentingan eksternal seperti untuk melamar kerja, studi lanjut ataupun untuk mendapatkan beasiswa.”jelasnya.

Sebelum tes dimulai, peserta mendapatkan Workshop TOEFL yang diberikan langsung oleh Academic Manager Briton International School, Mr. Amiluddin Masiga, Cert.Tesol. Amiluddin menekankan pentingnya penguasaan Knowledge bahasa Inggris dan Strategi dalam memecahkan soal-soal TOEFL. Dan di akhir acara, untuk mencairkan suasana, peserta tes diajak rileks dengan melakukan senam ringan dan berpartisipasi dalam acara Mannequin Challenge dan sesi foto bersama dengan seluruh panitia TOEFL Akbar 2017.

Leave us a Comment